Jumat, 07 Agustus 2015

Solo Traveling ke Gunung Prau, Dieng

Dari dulu pengen dah ngetrip sendirian atau bahasa kerennya SoloTraveling. Karena aku cewek n termasuk pemula, Gunung Prau di Dieng Wonosobo kupilih buat tujuan solo travelingku. Secara disana uda termasuk wista gunung yang rame dan gunung Prau juga termasuk gunung rendah yang bisa kudaki. Dengan ketinggian yang tulisannya sih 2565 mdpl dalam waktu 3 jam aku uda nyampek puncaknya. Bermodal carier Consina 60L yang isinya cuma mie instan 1 bungkus, 1 roti sariroti rasa coklat srikaya, dan sebotol kecil air aku naik gunung Prau, start jam 4 sore, nyampek puncak jam 7 malam. Perjalanan ke Gunung Prau aku lakuin sendirian brangkat dari Jogja setelah pelatihan kerja di Jogja. Jadi setelah pelatihan ditutup aku cus ke Wonosobo naik bus. Karena berangkatnya dari Jogja, tidak ada bus yg bisa langsung ke Wonosobo, aku harus oper2 dulu.

Travelmate kali ini just Consina Carrier

Dari terminal Jogja aku naik bus jurusan Semarang Rp 25.000, dari Semarang naik bus jurusan Wonosobo 15.000, dari Wonosobo turun lagi dan oper angkot (kayak minibus sih) ke daerah Dieng Rp3000,dari Dieng turun lagi buat naik angkot ke daerah pendakian Gunung Prau Rp15.000. sebenarnya sebelum memutuskan ke Prau sendirian ini aku uda nyari info di facebook “Pendaki Indonesia” buat nyari teman yang sekiranya siapa yg naik Prau pas tanggal itu. Akhirnya aku dapat temen yg mau nemenin aku buat naik, haha ternyta dia adalah guide local disana. Awalnya aku khawatir suruh mbayar hehe ternyata enggak (yaaah biasa cukup bermodalkan SKSD dan nggedobos ria, dia dengan senang hati mau nemenin gue dari naik sampai turun, horay)
Pos Regristasi Gunung Prau, diajak poto sama teman baru yg baru turun Prau

Dalam perjalanan aku ketemu temen rombongan dari Bekasi, mereka berenam bersama guide mereka 3 orang (buset banyak banget guidenya) yaaah jadinya aku bareng mereka deh sampek puncak, ngecamp bareng mereka, wuhuuuuu numpang2. Di puncak tidak banyak yang ngecamp karena saat itu memang hari aktif. Tapi cukup kecewa sih naik Prau ini, karena saat itu masih bulan April, masih musim hujan, jadi sering ada kabut. Aku zonk lagiiii pemirsaaaah, persis kayak zonk-nya Merbabu yang kudaki 2 pekan sebelumnya. Untung bangunnya agak pagi, jadi masih kebagian dikit sih pemandangan background Gunung Sindoro n Gunung Sumbingnya, sebelum Negara Kabut datang menyerang, aku buru-buru buat poto-poto.

View Sindoro & Sumbing

sunrise di Prau

view berkabut di pagi hari, jam 05.30

Yang sedikit menghibur , di gunung Prau ini banyak tumbuh bunga-bunga kecil yang cantik banget. Sayangnya waktu tu pagi, masih banyak embunnya, jadi gak bisa gulung2 buat poto I Feel Free ala Syahrini :p . karena nunggu kabut gak ilang2 akhirnya aku sama teman guideku mutusin turun, karena katanya percuma kalo ditungguin bakalan lama banget ilangnya tu kabut. Untuk turunnya butuh waktu 2,5 jam, itu dah sama poto-poto di tengan perjalanan loh..

ada banyak bunga-bunga kecil disana, Bunga Deasy

Oya teman guideku ini namanya Mas Rosyid. Katanya kalo main ke Prau lagi bisa calling dia lagi, asik gratis lagi ya maaas… Red: dia masih 19 tahun, tuaan aku. Haha. Dia Cuma lulusan SMP, karena kurangnya biaya dia gak nerusin ke jenjang SMA. Di kampungnya, para pemuda disana semua jadi guide Dieng, uda bisa nyari uang sendiri, jadi katanya ngapain sekolah tinggi2 lagi.

Mas Rosyid, Local Guide Dieng

Carica, makanan khas Dieng, kayak buah pepaya tapi kecil ukuran buahnya

Karena zonk inilah, kayaknya aku harus kesana lagi deh. Oke lain kali aku kesana lagi. Tentunya sama kamu. Iya kamu.. :p kamu pake carier gede ya? Aku pake daypack aja. Hehe.